Langsung ke konten utama

MATERI IPA SIMBIOSIS

Materi SD ILMU PENGETAHUAN ALAM

Berbagai Contoh Simbiosis Mutualisme

Kemarin saya sudah mengarsipkan tentang, kali ini saya akan mengarsipkan beberapa contoh simbiosis mutualisme dan penjelasan tentang hubungannya seperti di bawah ini contoh-contohnya :

Hubungan burung jalak dengan kerbau-Burung jalak mendapatkan keuntungan makanan berupa kutu yang ada pada tubuh kerbau. Kerbau mendapatkan keuntungan kutu yang ada di tubuhnya jadi berkurang jumlahnya bahkan jadi tidak ada.

Hubungan ikan badut dengan anemon laut-Baca
Hubungan raflesia dengan lalat- Lalat mendapatkan sari bunga, sedangkan raflesia dibantu penyerbukan
Hubungan kupu-kupu, lebah, dan kumbang dengan bunga- Kupu-kupu, lebah, dan kumbang mendapatkan nectar dan bunga dibantu penyerbukan
Hubungan bakteri ecoli dalam tubuh manusia- Manusia dibantu pembusukan makanan dalam usus besar, sedangkan bakteri mendaatkan makanan
Hubungan bakteri rhizobium dengan akar tanaman polong-polongan- Bakteri membantu tanaman mendapatkan nitrogen, sedangkan bakteri mendapatkan makanan dari tanaman polong-polongan ( kacang tanah )
Hubungan Flagelata dengan rayap-Flagelata mengeluarkan enzim selulase yang membantu rayap mencerna kayu, sedangkan flagelata mendapat makanan dari rayap.Jenis flagellata dalam bahasan ini yaitu FlagellataTrichonympha danMyxotricha yang hidup di dalam usus rayap dan membantu rayap untuk mencerna kayu karena dapat mengeluarkan enzim selulosa. Enzimini membuat partikel kayu tersebut menjadi lebih lunak.

Berbagi itu indah
IG : galuhmahes

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH KOMPONEN EKOSISTEM (IPA-XII)

KATA PENGANTAR Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga dapat menyelesaikan penyusunan Makalah Komponen Ekosistem. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan Makalah Komponen Ekosistem ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini kami menyampaikan terima kasih kepada : 1.      Kokom Komalasari, Selaku Guru Mata Pelajaran IPA. 2.      Dan Teman-teman yang sudah membantu dalam pembuatan Makalah ini. Kami menyadari bahwa penyusunan Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan semua.                                                 Jakarta, 29 Juli 2016 Kelompok I DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ………………………………………………………… 1 DAFTAR ISI …………………………………………………………………... 2 BAB I PENDAHULUAN A. Latar belakang …………………………………………………………

KEPRAMUKAAN @galuhmaheswari

  Salam Pramuka !!!                                PRAMUKA   Penegak adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 16 – 20 tahun.  Secara umum usia tersebut   disebut masa sosial (Kohnstam) atau disebut juga masa remaja awal yaitu masa pencarian jati diri, memiliki semangat yang kuat, suka berdebat, kemauannya kuat, agak sulit dicegah kemauannya apabila tidak melalui kesadaran rasionalnya, ada kecenderungan agresif, sudah mengenal cinta dengan lain jenis kelamin. Pergerakan golongan Penegak disebut pergerakan bakti.  Bagi seorang Penggalang yang masuk Ambalan Penegak, berarti melanjutkan latihan yang telah diterima di golongan Siaga dan Penggalang dan Ambalan Penegak adalah tempat mempraktekkan dan menyempurnakan pendidikannya dalam Gerakan Pramuka.  Bagi mereka yang belum pernah menjadi Pramuka dapat diterima sebagai anggota Ambalan sedikitnya telah memenuhi syarat-syarat Penggalang Ramu.  Kepenegakan adalah latihan ke arah kemandirian dan tidak menjadi beban